Thursday, April 7, 2016



“Manusia adalah apa yang dipikirkannya.” Itulah kalimat yang selalu kuingat. Sejak kecil, aku selalu ingin ke luar negeri, apalagi saat di Porsea, tempat dimana Bapak bekerja. Di sana, ada banyak orang asing jadi ada beberapa teman sepermainan orang luar negeri. Luar negeri itu, yang kutahu saat itu hanya sebatas peta, di buku, atau seperti di televisi. Apa yang membuat mereka berbeda dengan kita? Apa yang membuat mereka sepertinya lebih maju dari negeri ini?
Aku selalu mengucap syukur kepadaNya, dilahirkan di keluarga yang selalu mendukung dan penuh kasih. Kampung kami di Pancurbatu. Karena pekerjaan Bapak, kami merantau ke Porsea. Jadi, aku SD dan SMP di Porsea. Suasana belajar yang baik mendukungku untuk terus belajar dan berkompetisi. Aku juga aktif di berbagai ekstra kurikuler sekolah. Bapak selalu bilang, kalian harus lebih baik dari Bapak. Dulu Bapak harus kerja dulu baru bisa sekolah, kalian udah enak, Bapak bisa, kalian harus jauh lebih bisa. Nanti kalian bangun kampung kita itu.
Setelah melewati tahap demi tahap seleksi, Puji Tuhan, aku diizinkanNya melanjutkan sekolah ke SMAN 2 Soposurung Balige, salah satu SMA favorit di tanah air. Saat di sana, kepribadianku dibentuk. Walaupun aku seorang perempuan, aku harus mandiri dan jangan mudah menyerah. Saat itu sulit bagiku untuk fokus belajar dengan begitu padatnya jadwal di asrama, dan ditambah lagi semuanya yang menuntut kedisiplinan. Namun lagi lagi, Bapak bilang, gimana Bapak dulu nakku.. dan ada salah satu lagu favoritku saat di asrama “Climb every mountain.. till you find your dream..” Karena hobbyku menyanyi, aku suka menghibur diriku dengan nyanyian untuk menambah semangat. Aku bisa, aku pasti bisa.
Dan, Puji Tuhan, aku diterima di Fakultas Kedokteran USU melalui SPMB saat itu. Ternyata, kuliah di kedokteran sangat menyita waktu dan pikiran. Setelah 3,5 tahun pendidikan pre klinik, 2 tahun program profesi, dan UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia), akhirnya aku menjadi dokter dan melanjutkan program Internship 1 tahun di Kabupaten Samosir. Di sana, aku belajar banyak hal, terlebih berinteraksi dan memperhatikan kehidupan dan kesehatan di daerah. Mengapa pembangunan negeri ini tidak merata khususnya kesehatan? Generasi kitalah yang harus menyelesaikannya.
Aku harus melanjutkan studi. Apa yang dunia sedang kerjakan, bagaiman perkembangan kesehatan. Banyak yang ingin kuketahui. Diam-diam aku mencoba melamar beasiswa S2 ke luar negeri. Puji Tuhan, aku diterima di Kaohsiung Medical University, Taiwan, spring 2015, Graduate Institute of Medicine, Division of Tropical Medicine and Global Health. Saat itu, orangtuaku langsung bertanya bagaimana hidup di sana nanti? Aku meyakinkan orangtuaku kalau aku akan baik-baik saja, semuanya ditanggung, karena aku dapat full scholarship (bebas uang kuliah, asrama, dan malah dikasi uang bulanan). Dan pelajaran pertama yang kupetik dari Taiwan adalah “menolong jangan tanggung-tanggung”

Sesampainya di Taiwan? Aku begitu kagum dengan negeri Formosa ini, benar-benar berbeda. Mulai dari jalanan, transportasi yang maju, orang- orang yang ramah, bersih, semuanya tertata rapi. Di kampus, teman-teman dari berbagai negara, asrama, ruang kelas, dan laboratorium dengan segala fasilitasnya, rumah sakit dengan fasilitas yang canggih, dosen-dosen yang profesional dan peduli. Tidak hanya belajar, aku juga menyempatkan bergabung dalam tim choir kampus, sangat menyenangkan. Semuanya, Taiwan memang luar biasa. Alangkah bersyukurnya diberi kesempatan untuk belajar di sini.
Aku yakin, kita juga bisa, negeri kita khususnya kampung kita “Tanah Karo Simalem”, beberapa tahun lagi akan seperti mereka. Karena kita, generasi muda nya sedang bersemangat membenah diri.
Karena itu teman-teman, mari kita bersama-sama belajar. Jangan takut. Taiwan menawarkan banyak beasiswa. Aku sangat mendukung untuk studi lanjut ke negeri Formosa ini. Bila teman membutuhkan bantuan, jangan segan segan, sebisa mungkin akan saya bantu. Saya bisa, teman teman juga pasti bisa. Manusia adalah apa yang dipikirkannya.


Nama               : Lely Ophine Sinulingga
Facebook         : Lely Ophine Sinulingga
Email               : lely_os07@yahoo.co.id
Universitas      : Kaohsiung Medical University
                          http://english2.kmu.edu.tw/front/bin/home.phtml   





0 comments:

Post a Comment

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Follow on Google+

Powered by Blogger.

Ads Top

Follow

Popular Posts

Featured
Most Popular

Kategori

Kategori

Recent Comments

Text Widget

Text Widget

Featured

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Recent Post

Follow

Video of the Day

Popular

Popular Posts