Sunday, April 3, 2016


PUTRA BUMI TURANG BERJUANG

Hidup adalah pilihan, pilihan untuk bangkit berjuang atau menunggu masa depan. Ini adalah kata kata yang sering diungkapkan beliau disesi berdiskusi. Dia tampaknya tidak mengakui adanya takdir lahiriah seorang manusia. Bahkan takdir itu baginya adalah usaha, ya benar‼‼  usaha membangun diri dengan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa.
Beliau adalah anak sulung dari 4 bersaudara, lahir dari keluarga sederhana di Desa Kecil di Berastagi , Sumatera Utara. Ya, Desa Melas itulah kampung halamannya. Dibesarkan dengan didikan kerja keras dan disiplin, telah membentuk mental dan daya juangnya. Berbeda dengan anak yang lain ketika remaja, Genesis harus bekerja keladang membantu orangtua setiap hari. Nampaknya masa kecil tidak begitu indah, tapi siapa yang tau dari sana mental juang, disiplin membentuk watak dan kepribadiannya menjadi seorang pekerja keras.

Masa sekolah dasar ditempuh beliau di SD Swasta Metodist Berastagi, sekolah ini adalah salah satu sekolah dasar terbaik di Tanah karo (Berastagi), kenapa tidak, sekolah ini adalah sekolah yang mayoritas didalamnya adalah etnis Tionghoa dan dasar pengajarannya adalah dasar kekristenan yang disiplin. Ciri khas sekolah ini adalah pengajaran disiplin yang tinggi, sehingga lagi lagi  watak disiplin Genesis banyak ditempa disini.

Pendidikan menengah pertama dilanjutkan ke SMP N 1 Berastagi. Disekolah ini beliau banyak diderpa masalah ketidakdisiplinan, terbukti dengan banyaknya absen tidak masuk sekolah karena bolos. Hal ini tentu berdampak negative terhadap prestasi belajar beliau. Pada semester 5  kelas IX, beliau termasuk kedalam 5 orang siswa ranking terbelakang dikelas. Alhasil, sekolah memanggil orang tua beliau untuk diberi penjelasan terkait prestasi belajarnya yang sangat rendah. Orang tua beliau sangat kecewa dengan prestasinya, bahkan airmata sang ibunda mengalir ketika mendengar penjelasan guru bahwa sang anak sering bolos sekolah.

Ini menjadi cambuk yang begitu kuat bagi beliau untuk berubah, terbukti dengan pencapaian prestasi ketika di sekolah menengah atas SMA N 1 Berastagi. Beliau meraih juara 1 Umum IPS, kala itu semester 5 dikelas XII. Beliau juga ditugaskan mewakili SMA N  Berastagi dalam Olimpiade Sains National di Universitas Sumatera Utara. Beliau bersaing dalam Olimpiade UN Se-Sumatera Bagian Utara pada 2010. Tidak diprediksi sama sekali, beliau berhasil menembus babak final. Pada babak final ini beliau kalah, tapi tidak mengurangi semangat dan mentalitas juara beliau dalam berkompetsi.

Melalui jalur seleksi ujian tulis, beliau lulus dan diterima di Universitas Negeri Medan jurusan Pendidikan Ekonomi. Kemampuan akademik dan social beliau banyak terlatih di sini, dari segi akademik pada semester  awal perkuliahan beliau meraih Indeks Prestasi (IP) 4,00. Ini berarti nilai semua matakuliah yang diambil pada saat itu berbobot nilai A (Amat Baik). dari sisi social, beliau adalah Founder dan ketua  organisisasi akademik mahasiswa yang bernama KODIE (Kelompok Diskusi Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan. Tidak berhenti disana, beliau juga aktif dalam Organisasi kemahasisaan lain seperti Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIMED, Ikatan Mahasiswa Karo Unimed dll.

Beliau menyelesaikan studinya di Unimed pada oktober 2015, beliau meraih predikat Lulusan terbaik Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Medan dengan meraih IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3,85 . Dengan predikat ini beliau lulus program beasiswa S2 di National Kaohsiung First University of Science and Technology Taiwan Dengan jurusan International Master of Business Administration (MBA)

Beliau menyelesaikan studi Master Bisnis nya dalam kurun waktu 1,5 Tahun. Dengan prestasi ini, beliau kembali menorehkan sejarah sebagai lulusan tercepat di program studi International Master of Business Administration (IMBA) pada periode wisuda juni 2017. Pada February 2018, beliau kembali melanjutkan studi Doctoral (S3) pada department Bisnis Management Southern Taiwan University of Science and Technology, dengan Fokus Riset Big Data Analysis.

Untuk saat ini, beliau banyak terlibat dalam kegiatan sosial pembimbingan pelajar Indonesia untuk meraih Beasiswa di Taiwan. Untuk lebih mengenal beliau, berikut kontak yang dapat dihubungi :

WA : 085359562521
HP : 0851 3244 2449 (Khusus Telepon)
LINE ID : genesisdepari
Facebook : Genesis Sembiring
IG : genesissembiring




Kaohsiung Main Station



0 comments:

Post a Comment

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Follow on Google+

Powered by Blogger.

Ads Top

Follow

Popular Posts

Featured
Most Popular

Kategori

Kategori

Recent Comments

Text Widget

Text Widget

Featured

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Recent Post

Follow

Video of the Day

Popular

Popular Posts